Unless it's photographed by me, all pictures are taken from vi.sualize.us or Google Image

Monday 26 December 2011

Christmas 2011

Sudah menjadi tradisi kalau setiap tahun sebelum Natal kami ziarah ke makam Oma dan Oma buyut. Jadi kemarin kami ziarah, sekalian membersihkan makam yang sudah ditumbuhi rumput liar lalu berdoa.

Banyak orang yang juga datang saat kami tiba di TPU. Sama seperti kami, mereka membersihkan makam, berdoa, bahkan ada yang membawa makanan lalu makan di sana. Makam-makam berjajar dan bentuknya seragam yang dirancang sedemikian rupa sehingga para peziarah merasa nyaman. Dan setiap tahun gue ke sana, pasti tercengang dengan banyaknya jumlah makam baru yang bertambah.

Setelah ziarah, kami siap-siap mengikuti misa Malam Natal. Gue kan harus menyanyi, ingat? Hehe. Misa berjalan khidmat dan nyanyian pun lancar. Awalnya agak gugup sih. Tapi setelah Kyrie, gue jadi rileks. Ya, setidaknya tidak ada nada yang melenceng dari yang seharusnya.

Dan tepat di hari Natal - hari ini - well, tidak ada yang spesial-spesial amat. Pagi hari gue bantu-bantu masak di dapur lalu siangnya makan bersama. Juga sambil menjamu tamu yang kebanyakan kenalan keluarga dan beberapa saudara sampai malam tadi.

Jadi Natal tahun ini berjalan seperti biasanya dan cerita mengenai pernikahan yang batal gue nobatkan sebagai "Story of the Year," karena mereka masih saja membahas mengenai masalah itu.

Oh, tidak lupa juga gue ingin mengucapkan Selamat Hari Natal untuk teman-teman yang merayakan. Semoga damai Natal selalu membawa damai untuk kita semua. Amin.

2 comments:

Farrel Fortunatus said...

Met natal juga ya Rae. semoga damai natal melingkupi kita semua... amiiin.

Rae said...

Merry Christmas to you too, Farrel :)