Unless it's photographed by me, all pictures are taken from vi.sualize.us or Google Image

Thursday 15 April 2010

Jablay, Lebay, Alay, dan Letoy

Pernahkah terlintas dalam pikiran kalian kalau ternyata orang-orang kita ini, manusia-manusia Indonesia, begitu kreatif? Benar saudara-saudara. Manusia-manusia Indonesia itu ternyata sangat kreatif (dan pintar). Apalagi dalam hal menciptakan istilah-istilah (dan virus!)

Coba duduk sejenak dan pikirkanlah bagaimana istilah-istilah jablay, lebay, dan alay itu muncul. Tapi ingat, lakukan ini jikalau kamu sedang sangat bosan sampai-sampai untuk makan pun bosan. 

Menurut kalian, siapa coba yang menciptakan istilah-istilah itu? Kalau istilah jablay, ya sudah jelas pelopornya adalah TiKam alias Titi Kamal dalam lagunya yang berjudul “Jablay”, yang juga menjadi soundtrack film layar lebarnya “Mendadak Dangdut” (kalau nggak salah ingat). Ah, saya ini mengakunya nggak ngikutin film Indonesia tapi kok tahu film yang satu itu? (hehehe). Tahu tapi bukan berarti saya nonton, loh ya. Sedangkan untuk istilah lebay, alay dan yang belakangan saya baru tahu juga, letoy, sejauh apapun imajinasi saya terbang mengangkasa, tak pernah bisa membayangkan siapa penemu  istilah-istilah itu.

Apa itu jablay? Apa itu lebay? Apa itu alay? Mari kita lihat satu per satu. Jablay itu adalah singkatan dari “jarang dibelai” (atau “jarang dibelay” ya?) Dari lagunya Titi Kamal saja sudah ketahuan artinya jablay apa. Ada tuh liriknya yang bilang: “abang jarang pulang, aku jarang dibelai.” Nah, sudah mengerti kan, saudara-saudara? ;)

Lanjut ke istilah berikutnya. Lebay. Istilah yang satu ini berarti sesuatu yang berlebihan. Jadi kalau ada orang yang mengekspresikan sesuatu secara berlebihan dan tak jelas, maka dia disebut lebay. Begitu bukan sih? Bingung juga saya hehehe. Sedangkan untuk alay, ehm saya langsung beri contoh saja. Alay itu istilah untuk cara menulis yang seperti ini: “aQ cYnK Cm kaMu” atau “aQ kHan sLL mNgmU K4Rna kaWlaH PeRM4tA h4TiQ.” Untuk contoh yang kedua, saya bilang itu termasuk lebay dan alay! Nggak perempuan, nggak laki, ada saja yang alay seperti itu. Alay dan lebay! (untung saya lebay doang hehe)

Konon katanya tulisan seperti itu dinamakan Bahasa Gaul Internet. Bahkan kalau saya tidak salah, pernah saya iseng mengklik iklan dari sebuah situs yang khusus menjadi transalator seperti Google Translate. Jadi kita tinggal mengetikkan kata-katanya seperti biasa, di-copy paste ke situs itu dan tadaaaa.... IniL4H h4SiLnYa!

Kalau melihat tulisan-tulisan seperti itu bisa bikin mata saya melek merem. Melek karena harus bersusah payah mencari tahu apa maksud tulisannya dan merem karena saya pusing – pusing  melihat huruf besar dan kecil dicampur-campur plus pakai angka juga. Sudah begitu disingkat-singkat pula. Parahnya lagi, saya kok sering bertemu dengan orang-orang yang cara menulisnya seperti itu kalau lagi chatting? Nggak ribet apa ya mereka? Wong saya menulis dua kalimat di atas itu saja susahnya setengah mampus. Tapi salut juga sama mereka. Itu tandanya jari-jari mereka lincah, coy! (hueheheheh)

Bagaimana dengan letoy? Ada yang tahu? Tolong beri tahu saya.

P.s. Inilah postingan paling nggak jelas sejagat raya. Hasil semedi nih! Malah coret-coretan saya waktu semedi lebih parah lagi. Lebih nggak jelas dan lebih lebay! Tapi nggak apa-apa. Mood menulis saya, yang tadinya sempat hilang entah ke mana, sudah kembali seperti dahulu kala :D Habis katanya untuk mengembalikan mood menulis, ya harus terus menulis ;)

4 comments:

Anonymous said...

Letoy.. artinya.. Lo To Ye suka ngk jelas.. hahaha
(sam)

coffee latte said...

hmm! gw kira udah ga ada lagi yang pake kata" letoy! cz klo nggak salah kata itu udah lama bgt! pas jaman na gw smp!
yg gw tau, dlu kata itu d pake buat ngatain anak" cowo yg badan na gede, tapi lemah ato klemar klemer gitu! haha! ga tau deh klo skr letoy tu artinya apa! xp

Anonymous said...

Letoy: sifat yg gak pnya semangat, lemah dan lesu.

Unknown said...

Lemes kecapean abis ngerjain sesuatu..jd Letoy deh