Unless it's photographed by me, all pictures are taken from vi.sualize.us or Google Image

Tuesday, 12 March 2013

3 dan 200

3 itu pertanda usia blog ini, sedangkan 200 menunjukkan jumlah postingan dalam blog ini. Itu artinya sudah 3 tahun lamanya aku wara-wiri, gentayangan di dunia penulisan blog, (aku lebih suka menyebutnya "blogsphere", biar lebih keren), dan sudah menghasilkan 200 postingan yang isinya nyaris semuanya curcol dan ocehan isi kepalaku yang kusut seperti benang.

Sepertinya ini kali pertama aku merayakan ulang tahun blog. Sebelum-sebelumnya aku selalu lupa. Sama juga dengan peringatan 3 tahun kali ini, aku hampir lupa. Tapi untungnya, sih, enggak, karena kebetulan juga bertepatan dengan jumlah postingan kali ini yang cantik. Tadinya aku berencana untuk mengadakan sebuah kuis berhadiah buku trilogi The Hunger Games sebagai perayaan ulang tahun ini. Namun karena satu dan lain hal (baca: sibuk), terpaksa aku tunda dulu. Atau dengan kata lain, aku kelupaan sampai akhirnya hari ini tiba. Hehehe...

Seorang pembaca pernah berkata bahwa untuk ukuran blog yang baru berusia 3 tahun, jumlah postingannya termasuk cukup banyak. Ups, itu artinya aku tukang curcol dong, ya? Anyway, blog ini bagiku tidak hanya sekedar wadah untuk curhat, tapi lebih dari itu. Bagiku, blog ini seperti rumah. Setiap saat aku bisa datang dan menuliskan apa saja, atau melakukan apa saja. Kapan pun aku kepingin, aku bisa mengubah-ubah susunan layout maupun desainnya layaknya seperti mendekor ulang sebuah rumah. Hanya di sini aku bisa menuangkan segala isi kepala. Hanya di sini aku bisa menjadi "aku", meski masih menggunakan nama alias. Kalau soal itu, aku masih belum berani terang-terangan. Namanya juga masih in the closet

Bagiku, blog ini seperti sahabat sejati. Selalu ada di saat aku membutuhkan. Bahkan, ketika aku sedang bosan dan enggan menulis, dia tetap menungguku dengan setia. Bagiku juga, blog ini adalah pendengar yang tidak bawel. Apapun itu, aku bebas mengatakan segala sesuatu tanpa ada protes darinya. Mau aku mengoceh panjang lebar pun dia tetap akan diam. Kombinasi kesemuanya itu membuat blog ini, seandainya manusia, bakal kupacari.

Sebetulnya, awal aku mengenal blog sudah lebih dari tiga tahun yang lalu. Tapi baru benar-benar niat menulis sejak Maret 2010. Itu pun setelah berkenalan dengan dunia tulis-menulis dari majalah online yang ramai pengunjungnya itu. Kalau tidak dari situ, kemungkinan besar blog ini tidak ada. Sembari menulis di sana, aku juga jadi kepingin membuat blog pribadi. Maka jadilah blog ini. Lalu kenapa aku memilih nama Secret on Screen? Tidak ada alasan khusus. Aku hanya suka dengan ritme bunyinya ketika diucapkan.

Katanya, orang yang menulis blog itu, mereka senang dibaca. Tidak hanya tulisannya, namun juga pribadinya. Padahal, menurutku, menulis blog itu adalah hal yang lebih suka dilakukan oleh orang introvert. Seperti aku ini. Awalnya aku tidak berpikir bahwa akan ada orang yang membaca tulisan-tulisanku di sini. Maksudku, siapa juga yang rela menghabiskan waktu hanya dengan membaca segala curhatan tidak jelas ini. Tapi entahlah, mungkin sebagian kecil diriku memang ingin "dibaca" oleh orang lain.

Setelah 3 tahun menaungi blog ini, aku cukup terkejut ketika ada orang yang mengatakan bahwa mereka menyukai blogku ini dan selalu mengikutinya. Ada yang katanya pernah menongkrongi blogku dari pagi sampai malam saat sedang sakit. Ada pula yang mengaku membaca semua isi tulisan dari awal. Ada juga yang katanya menemukan blogku ini dari Oom Google, lalu mulai mengikutinya. Lalu pernah juga ada yang mengaku katanya jadi ikutan terpacu untuk lanjut kuliah S2 karena membaca aku yang menggebu-gebu kepingin kuliah lagi. Mengetahui itu semua tentu membuatku senang. Ternyata sedikit banyak blogku ini tidak hanya memberikan kepuasan bagi diriku sendiri, namun juga memberi manfaat bagi orang lain. Jadi memang ada sedikit kemungkinan aku senang "dibaca" melalui tulisanku.

Bagi kalian, yang tanpa sengaja akhirnya terdampar di sini, aku ucapkan terima kasih karena sudah terdampar. Eh, maksudku terima kasih karena sudah rela meluangkan waktu demi membaca blog ini, yang sebagian isinya sulit dicerna. Bukan karena kalian yang tak pandai, tapi karena aku sendiri yang biasanya kebingungan dengan apa yang hendak kutulis. Maklum, isi kepalaku ini amburadul, maka begitu juga isi blog ini. Sekali lagi, di kesempatan ini, aku mengucapkan terima kasihku untuk kalian.

Namanya menulis pasti kadang muncul rasa malas. Apalagi jika sedang dilanda writer's block. Meski ada saja kejadian yang bisa dituliskan tapi sepertinya otak dan jari tidak sinkron. Malah pernah terlintas untuk berhenti menulis dan menutup blog ini. Tapi, ya, dipikir-pikir sayang juga. Jadilah aku tetap memilih untuk terus mendiami blog ini. Semacam dedemit yang enggan pergi. Semoga saja blog ini akan tetap ada sampai tahun-tahun selanjutnya. Dan biarlah blog ini menjadi pendamping yang senantiasa mengiringi kehidupanku. Suatu saat nanti, di tahun-tahun yang akan datang, aku pasti akan membuka kembali blog ini dari awal, dan mengenang semua yang pernah kutulis.

Ya, suatu saat nanti...

8 comments:

Anonymous said...

wow 3 years .. now i recall it has been 3 years too for me too staying in this foreign land ..

during those early days, the mighty ultra speed internet and ounce of curiosity brought me to your blog .. and your loyal reader since then ..

keep writing might be a too much demand .. so just keep being awesome :)

g

Rae said...

Waaaa... makin terharu... Hikh...

Farrel Fortunatus said...

Hey Rae... Wah, seru ya tanggal ultah blog kita samaan. Yuk kita tiup lilinnya sama-sama he he he... tapi kamu hebat lho, coz jauh lebih produktif. Aku selalu mengikuti postingan kamu lho, even ga selalu ninggalin komen... :)

Rae said...

Makasih, lho, Fa. Same to your blog juga. :)

riyanto perdana said...

Happy Birthday to your Blog.


*garing banget ya bahasanya.


Apapun itu, sharing suatu hal dalam bentuk tulisan akan menimbulkan inspirasi buat pembaca atau penulis yang lain.


Lov's diary
http://blogriyantoperdana.blogspot.com



Rae said...

Makasih, mas :D

Anonymous said...

wah udah 3 tahun y .Selamat ya
maaf telat ngucapain y
ritz

Rae said...

Thank you, Ritz. ;)