Unless it's photographed by me, all pictures are taken from vi.sualize.us or Google Image

Tuesday 18 October 2011

A Little Lesson

"Jadi gimana itu ceritanya kamu gak jadi menikah akhirnya?" Tanya si encim bersasak tinggi.

Aduh, basi banget deh. It's so yesterday. Banget-banget! Mau gue curhat di sini aja udah males. Yang baca juga udah bosen. Ya kan?

Tapi demi menyenangkan hati para tamu arisan, maka nyokaplah yang menjadi "story teller", sedangkan gue hanya duduk manis sambil senyam-senyum palsu. Ck, menghadapi satu encim aja gue kewalahan, apalagi ini ada puluhan encim yang sedang berkumpul?! Jadi biarlah nyokap yang jadi juru bicaranya.

Akhirnya nyokap menceritakan ulang kejadian yang terjadi, sambil diiringi "oh ya?", "ah masa sih?", "kok mereka gitu?", dari para encim-encim yang mendengarkan dengan penuh seksama. Dan di akhir cerita, mereka menarik nafas lega dan mengucap syukur karena gue tidak terjerumus.

Kata mereka, gue masih muda ini. Baru juga memasuki awal pertengahan 20-an. Mereka bilang nyokap gak perlu khawatir. Santai aja dulu. Dan gue pun hanya senyum miris aja mendengar komentar mereka. I mean, sekarang sih iya, mereka ngomong gitu karena umur gue, yang menurut mereka masih muda. Now I wonder, apa yang bakal mereka bilang kalau nanti, setelah gue mulai menua dan belum kawin-kawin juga? Ya kan?

Dari situ gue mengambil sebuah pelajaran kecil: bahwa mulai sekarang gue tidak perlu terlalu memikirkan apa kata orang. Mereka memang senang melontarkan komentar ini-itu, meskipun sebenarnya hanya berdasarkan pada kabar burung belaka.

Terserah orang mau bilang apa. Selama itu termasuk kritik yang membangun - meskipun kadang kritik itu sedikit menyakitkan, gue terima. Tapi jika itu omong kosong dan hoax belaka, I wouldn't give a damn, because they don't even know me. Satu hal yang penting, gue gak pernah mengusik urusan orang lain. Jadi kalau mengusik urusan gue, mending ke laut aja lah. Buang-buang waktu. Gue anggapnya angin lalu.

People can say whatever they want, because they only see what they want to see. But only me can control to let it affect me or not. Ain't I right?

No comments: